Perencanaan Sebuah Blog

Anda sedang mencari info tentang Perencanaan Sebuah Blog? Di sini Bang Latief Online anda dapat menemukan informasi terbaik. Selamat Menikmati.
Apa saja yang sobat butuhkan untuk membuat sebuah blog? Sepertinya ini membuat kita jadi bertanya? Apa perlu membuat perencanaan hanya untuk membuat sebuah blog? Jawabannya tentu perlu. Karena salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh seorang blogger pemula adalah tidak ada perencanaan pada saat membuat sebuah blog.
Beriku langkah-langkah yang mungkin dapat sobat ikuti dalam merencanakan sebuah blog, tentunya langkah berikut hanya sebagian dari seluruh perencanaan yang sebenarnya, tetapi mudah-mudah langkah-langkah berikut dapat membantu sobat dalam membuat perencanaan untuk blog sobat yang baru.
  1. Pemilihan topik atau tema. Pemilihan topik sebaiknya sesuai dengan minat dan kemampuan sobat dibidang tertentu. Bila minat sobat adalah jalan-jalan maka sebaiknya sobat buat blog dengan topik traveling atau jalan-jalan. Dengan topik yang sobat minati biasanya sobat tidak akan menemui kesulitan dalam membuat artikel. Artikel bisa sobat buat berdasarkan pengalaman yang sudah sobat miliki selama ini, dan tentunya sobat sudah memiliki catatan, foto atau video yang mungkin akan sobat posting dalam artikel di blog sobat tersebut.
  2. Pemilihan nama blog atau URL. Pemilihan nama blog atau URL sangat penting bagi blog yang akan kita buat. Apakah akan menggunakan nama sobat? atau menggunakan nama topik atau tema yang sobat pilih? Yang perlu diperhatikan adalah keuntungan dan kerugian dari penggunaan nama blog. Bila kita mempertimbangkan search engines sebagai sumber pengunjung blog kita, sebaiknya kita menggunakan topik atau tema yang menjadi inti blog kita, misalnya Koleksi Buku Sobat maka URL blog sobat menjadi www.koleksi-buku.bogspot.com karena blog ini bercerita tentang koleksi buku yang sobat miliki dan blog sobat berbicara tentang buku-buku tersebut. Bila ada orang yang mencari sebuah buku yang sobat tulis dalam blog sobat di internet diharapkan blog sobat akan muncul di mesin pencari. Penggunaan nama sobat sebagai nama blog juga tidak menjadi masalah, seperti Blog Nama Sobat dengan URL www.namasobat.blogspot.com tetapi blog dengan nama ini tentunya perlu waktu yang lebih lama untuk populer di search engines kecuali sobat merupakan orang yang sudah populer atau sobat merupakan seorang selebriti.
  3. Pemilihan penyedia blog atau blogging platform. Penggunaan blogging platform seperti blogger atau wordpress atau bahkan domain sendiri akan sangat menentukan. Blogger (blogspot.com) biasanya lebih mudah dibanding dengan wordpress atau domain sendiri. Banyak blogger pemula yang memilih untuk menggunakan blogger karena kemudahannya, dikemudian hari biasanya akan dipertimbangkan untuk menggunakan wordpress atau bahkan domain sendiri.
  4. Pemilihan template. Template atau tampilan blog merupakan hal yang sangat penting, karena sebelum membaca artikel di blog sobat biasanya pengunjung akan melihat tampilan blog sobat. Semakin menarik dan mudah navigasinya maka blog sobat semakin baik. Saat ini banyak template gratis yang beredar di internet. Sobat dapat berburu template sesuai dengan selera sobat
Langkah-langkah di atas hanya sebagian dari perencanaan untuk sebuah blog tetapi cukup sebagain sebuah perencanaan awal karena bila terlalu banyak perencanaan yang harus dibuat, sobat malah akan menjadi pusing dan urung membuat blo. Perencanaan ini penting tetapi pada perjalanannya dapat sobat perbaiki segala kekurangan blog sobat karena dengan bertambahnya pengalaman ngeblog sobat maka sobat akan menemukan sendiri cara-cara yang baik dalam mengelola sebuah blog.

0 Comments:

Post a Comment